15 Tujuan Wisata Terbaik di Albania

Advertisemen
Albania mungkin sebuah negara yang kecil, tapi ada banyak hal menarik untuk dilihat dan dilakukan bila Anda berlibur di Albania. Berbatasan dengan Makedonia, Yunani, Kosovo dan Montenegro, panjang garis pantai Albania adalah salah satu yang paling indah di dunia.

Albania perlahan-lahan menjadi lebih populer, wisatawan dapat menyaksikan peninggalan luar biasa dan beberapa tempat yang hampir sepenuhnya murni. Albania menawarkan beberapa contoh terbaik dari arsitektur Ottoman di dunia, bersama dengan udara dan air Mediterania yang bersih dan akan memukau Anda dengan pantainya yang menakjubkan. Mungkin terbaik dari semua, bepergian ke Albania adalah perjalanan yang sangat terjangkau.

Jika Anda berniat melakukan perjalanan wisata ke Eropa, mungkin Anda perlu mempertimbangkan Albania. Mari kita lihat apa saja lokasi wisata yang ada di sana.

1. Albanian Riviera


Pantai Himara

Albanian Riviera mungkin menjadi tempat yang paling populer bagi wisatawan yang berkunjung di Albania. Riviera memiliki reputasi yang tumbuh sebagai lokasi yang mana musik memiliki kedudukan penting di tempat ini. Dan itu bisa Anda lihat dengan semakin banyaknya pagelaran Festival Musik Internasional di Rivieara, setelah Turtle Fest dan Soundwave Albania diselenggarakan di tempat ini.

Klub malam seperti Folie Marine di pantai Jale dan Havana Beach Club dekat Dhermi, bahkan menarik perhatian anak-anak muda dari seluruh Eropa untuk berkunjung ke Albanian Riviera.

Sedangkan tepi laut kota Himara adalah salah satu tempat terbaik di Riviera. Begitupula dengan pantai Porto Palermo, pantai Llamani dan pantai Filikuri yang memiliki pasir yang indah dan halus, sangat nyaman untuk meregangkan tubuh. Tidak lupa dengan pantai Drymades yang merupakan salah satu tempat paling menggairahkan di Riviera.

2. Tirana


Gedung Opera Tirana

Merupakan ibu kota Albania, Tirana menjadi titik awal untuk sekian banyaknya wisatawan yang akan menjelajahi tempat terbaik di Albania. Kota Tirana ini merupakan rumah bagi beberapa lokasi yang harus dilihat oleh wisatawan, dan Masjid Et'Hem Bey yang berdiri di abad ke-18 adalah salah satu destinasi yang layak dikunjungi. Orang-orang Tirana yang sebagian besar penduduk setempat di Albania, sangat ramah dan kota ini sangat terjangkau. Banyak makanan dan minuman yang istimewa dan harganya sangat murah.

Skanderbeg Square adalah salah satu tempat di Tirana yang paling penting dan di daerah inilah Anda bisa menemukan Museum Sejarah Nasional. Di jantung Skanderbeg Square dan oleh karena itu merupakan juga jantung kota Tirana, berdiri sebuah patung bersejarah di Albania yaitu pahlawan nasional "Skanderbeg".

3. Llogara Pass


Llogara Pass

Llogara Pass adalah salah satu tempat paling terkenal Albania, lintasan yang menjadi salah satu tempat "drive" paling spektakuler di seluruh dunia. Terletak di tengah-tengah Llogara National Park, menempuh perjalanan kurang lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut dan pemandangan yang akan membuat Anda menghirup udara segar.

Di bagian ketinggian dari Lliogara, ada sebuah area yang bagus dari restoran yang merupakan tempat ideal untuk menikmati beberapa pemandangan paling menakjubkan di Albania.

Sedangkan Llogara National Park adalah rumah bagi hewan seperti Elang Emas, Kucing liar Eropa dan Rusa Bera. Melakukan perjalanan dari Tirana ke Saranda melewati Llogara Pass seharusnya bisa ditempuh beberapa jam saja, tetapi kemungkinan Anda akan memakan banyak waktu karena berhenti dan mengambil beberapa foto pemandangan.

4. Berat


Berat, Albania

Berat terletak di tengah-tengah Albania dan diyakini menjadi salah satu kota tertua di Albania. Berat sering dikenal dengan julukan "Kota Seribu Jendela (the City of a Thousand Windows)" yang menggunakan campuran arsitektur Ottoman dan Albania.

Destinasi wisata utama di Berat adalah benteng abad 140, Kalaja, yang masih menjadi kawasan bagi ratusan penduduk setempat. Sebelumnya antara kota-kota Albania yang paling penting dari Kekaisaran Ottoman, Berat ditambahkan ke daftar situs dunia, Unesco World Heritage, pada tahun 2008.

Selain itu, Gereja St. Mary di Blachernae adalah sebuah tempat yang harus dilihat oleh wisatawan yang mengunjungi Berat, begitu juga dengan lokasi Mangalem Quarter.

5. Saranda


Saranda, Albania

Saranda adalah salah satu lokasi pariwisata terpanas di Albania, dengan kota yang telah mengalami sejumlah besar pengembangan dalam 20 tahun terakhir ini. Saranda juga merupakan rumah bagi beberapa pantai yang paling tak terlupakan di Albania, sedangkan salah satu situs Unesco World Heritage di Butrint, terletak tidak jauh dari luar Saranda dan layak dikunjungi juga.

Seperti Lekursi Castle yang merupakan salah satu tempat terbaik di Saranda untuk dikunjungi, banyak orang berbondong-bondong ke sini untuk menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) yang menakjubkan. Lokasi Saranda bisa dicapai dengan perjalanan singkat di Laut Ionia, dari pulau Yunani yang populer, Corfu.

6. Gjirokastra


Gjirokastra, Albania

Sebuah kota Unesco, Gjirokastra tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu tempat terbaik untuk wisatawan di Albania. Arsitektur unik periode Ottoman, dengan rumah-rumah yang dirancang seperti istana kecil dapat ditemukan di sepanjang Gjirokastra. Di sana Anda akan menemukan museum militer dan galeri seni di istana yang menakjubkan.

Sebuah festival dongeng-dongeng rakyat juga berlangsung di benteng Gjirokastra setiap lima tahun sekali, dan terakhir diselenggarakan pada tahun 2015. Mengunjungi bazaar Ottoman tua di Gjirokastra harus menjadi agenda bagi siapa pun yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Albania.

Gjirokastra terkenal juga sebagai tempat kelahiran penulis populer dunia "Ismail Kadare", dan mantan diktator Albania "Enver Hoxha", sekarang Anda bisa melihat sejarah yang berkaitan dengan mereka di museum.

7. Kruja


Kruja, Albania

Lokasinya dapat dicapai dengan perjalanan singkat dari ibukota Tirana, Kruja adalah suatu lokasi yang harus dikunjungi oleh siapa pun yang menuju ke Albania untuk pertama kalinya. Kruja merupakan rumah bagi museum Etnografi nasional, tapi yang membuat ia menjadi terbaik dan dikenal karena Kruja menjadi tempat museum Skanderbeg, yang dapat ditemukan di tempat ini. Terletak di benteng Kruja, museum tersebut menjadi salah satu yang paling penting dan tempat wisata populer Albania.

Sekedar diketahui bahwa pahlawan Albania, George Kastrioti Skanderbeg, melindungi negara dari serangan Ottoman selama tiga dekade. Selain itu, benteng Kruja juga menawarkan pemandangan menakjubkan dari laut Adriatik. Sementara taman nasional Qafe Shtama dan makam Sari Saltik juga terletak dekat dengan Kruja.

8. Theth


Theth National Park

Jauh dari kota terbesar Albania, di bagian utara negara itu terdapat kota Theth. Terletak di daratan tinggi di pegunungan Alpen Albania, Theth menjadi sebuah daerah yang bisa menunjukan keindahan alam yang luar biasa, yang sangat mudah untuk dilihat.

Theth National Park mungkin merupakan tempat yang paling indah di seluruh Albania, dengan air terjun Grunas dan sebuah menara di dalamnya yang sangat populer dengan kunjungan wisata. Sementara itu, puncak gunung dari Thethi, Boga, Razma dan Vermoshi memberikan pengalaman yang tak terlupakan dari Albania, sebagai negara yang paling alamiah.

Pejalan kaki dan pecinta alam akan menemukan Theth menjadi salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi selama perjalanan ke Albania.

9. Kepulauan Ksamil


Ksamil Islands

Tempat yang paling menonjol di Albanian Riviera mungkin adalah kepulauan Ksamil, memiliki sebuah kelompok pedalaman dari tiga pulau kecil yang terletak di luar pesisir, dan itu hanya bisa diakses dengan perahu dari kota kecil Ksamil. Kepulauan Ksamil menjadi contoh fantastis dari Albania untuk tempat yang paling tak tersentuh oleh modernisasi dan masih murni.

Berjalan-jelan ke Blue Eye Spring, juga merupakan keharusan bagi siapa pun yang ingin menikmati apa yang bisa Ksamil berikan ketika wisatawan memilih istirahat di Albania. Juli dan Agustus adalah waktu tersibuk untuk kepulauan Ksamil, tetapi Anda akan berjumpa beberapa wisatawan di luar bulan-bulan sibuk itu.

10. Shkodra


Shkodra, Albania

Merupakan kota terbesar di utara Albania, Shkodra sering dianggap sebagai kultural inti dari negara Albania. Oleh karena itu, Shkodra kerap menjadi tuan rumah untuk acara seperti Karnaval, Lake Day, Festival Anak dan Fesival Jazz. Selian itu, Shkodra juga menjadi rumah bagi sebuah kastil bersejarah yang terkenal karena perannya yang penting selama perang "Balkan" pertama.

Shkodra memiliki danau sederhana yang sangat cantik, sedangkan benteng abad pertengahan di Drisht, terletak hanya beberapa mil jauhnya dari kota. Terdapat juga teater Migjeni yang terkenal di Shkodra, bersama dengan pasar unggulan yang bagus untuk dikunjungi. Malazeze, masakan khas Shkodra yang juga merupakan salah satu kuliner terbaik di Albania.

11. Vlore


Vlore, Albania

Di selatan-barat dari Albania terdapat daerah yang populer dengan resor pantainya yaitu Vlore, yang telah lama dikenal sebagai tempat untuk memproduksi zaitun. Dipercaya bahwa beberapa rumah di Vlore memiliki total 280.000 pohon zaitun.

Vlore memiliki banyak destinasi bersejarah yang sangat penting, tapi mungkin yang paling terkenal di antaranya adalah gedung proklamasi kemerdekaan Albania, yang mana di gedung itu Albania menyatakan kemerdekaannya kurang lebih sekitar 100 tahun yang lalu. Hari ini, ada sebuah monumen yang didedikasikan untuk memperjelas momen penting dalam sejarah Albania.

Selain itu, daerah air dingin di Vlore, menjadi populer dengan turis-turis muda yang memilih bersenang-senang di bar dan restoran.

12. Apollonia


Gereja Byzantine di Apollonia

Apollonia pernah menjadi salah satu kota yang paling penting di dunia, dan oleh karena itu direkomendasikan bagi siapa pun yang pertama kali ke Albania agar tidak lupa mengunjungi tempat ini.

Dapat ditemukan di jantung Albania dan mudah dijangkau dari kota Fier, terdapat reruntuhan Apollonia yang mempesona, dan itu menandakan bahwa tempat ini bagian dari negara yang hebat juga.

Di masa lalu, Apollonia menjadi salah satu wilayah kekuasaan "Pyrrhus dari Epirus". Hari-hari itu sudah lama berlalu, tapi Apollonia harus tetap menjadi agenda untuk siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah di Albania.

13. Durres


Durres, Albania

Durres menjadi pelabuhan utama di Albania (Port of Durres) dan ia salah satu bangsa kota tertua. Yang membuat Durres paling terkenal, karena kota ini menjadi rumah bagi amfiteater (teater ruang terbuka) terbesar di Balkan. Sedangkan tempat peregangan di pantai utara dari Lalzit Bay adalah salah satu tempat paling indah di Albania untuk dikunjungi.

Wisatawan harus mempertimbangkan untuk mengambil waktu dari jadwal mereka untuk mengunjungi museum arkeologi di Durres yaitu "Aleksander Moisiu" dan "Royal Villa of Durres". Banyak acara-acara kebudayaan dan pesta yang menyenangkan diadakan sepanjang tahun di kota Durres. Tidak lupa juga bahwa kota ini adalah tempat kelahiran "Bujar Nishani", yang saat ini menjadi Presiden di Albania.

14. Danau Koman


Danau Koman

Untuk pemandangan paling menakjubkan di seluruh Balkan, Albania, cobalah untuk mengunjungi danau Koman dan jadikan salah satu daftar perjalanan Anda. Sering digambarkan sebagai salah satu wisata perahu terbesar dunia, perjalanan wisata akan membawa pengunjung dari bendungan hidro-listrik di Koman, sampai ke pelabuhan Fierza.

Para penduduk setempat yang menggunakan perahu secara teratur, menjadi pemandangan indah yang bisa Anda saksikan dari pegunungan Albania. Setiap wisatawan yang pertama kalinya berkunjung ke sini, akan menemukan pemandangan danau Koman di atas kapal Feri. Perjalanan dengan Feri, merupakan kesempatan besar untuk melihat seperti apa kehidupan di daerah terpencil di Albania.

15. Pogradec


Pogradec, Albania

Salah satu tempat paling teratas ketika mengunjungi Albania adalah Pogradec, yang dapat ditemukan di tepi Danau Ohrid di timur Albania. Danau Ohrid adalah danau terdalam di wilayah Balkan dan tepi Macedonia dari danau ini lebih populer.

Pogradec terkenal kayak akan cerita rakyat, dan festival teater wayang menjadi salah satu pagelaran yang paling menarik di kalender pariwisata Albania. Anda juga bisa mengunjungi taman nasional yang mempesona, Shebenik-Jabllanice, lokasinya dapat ditempuh sekitar 30-45 menit dari Pogradec. Selain itu, mata air di Drilon juga dekat dengan Pogradec.
Advertisemen