Makanan Tradisional di Albania

Advertisemen
Isi piring di Albania memiliki akar yang masih berkaitan dengan kekaisaran Ottoman kuno. Mungkin karena Albania adalah negeri yang kaya dan subur, dekat dengan laut, dan garis budaya yang tidak mudah terkontaminasi oleh negara tetangga, sehingga ini mempengaruhi masakan modern yang beragam tapi sederhana. Adapun pengaruh modern termasuk Yunani, Italia, dan Turki.

Daging dan sayuran pokok, bersama dengan rebusan padat, acar kubis, keju feta, roti, beras, dan daging asap. Sayuran yang paling populer tumbuh di sana adalah terong, paprika, tomat, mentimun, kacang-kacangan dan zaitun yang mendominasi sebagian besar makanan di sana. Sangat Mediterania! Selama di Albania, kemungkinan besar Anda akan berjumpa dengan banyak salad. Keuntungannya Anda bisa mengkosumsi produk segar selama berlibur di sana.

Makanan Pokok Daerah


Ketika berbicara tentang makanan pokok, wisatawan dapat membagi negara Albania menjadi tiga wilayah. Di utara, makanan pokoknya adalah jagung tanah yang juga sebagian besar digunakan untuk roti, dan itu juga cukup fleksibel untuk membuat hidangan yang manis dan asin. Iklim yang baik menandakan bahwa di utara Albania terdapat berbagai buah dan sayuran segar. Anda mungkin akan melihat sebagian besar kentang, wortel, kubis, kacang merah, bawang merah, bawang putih, dan kenari. Hidangan tradisional di utara termasuk daging dan sayur casserole, pasta, ayam, beras, sudjuk (mirip dengan daging asap), dan Petula (adonan goreng dibuat manis atau gurih). Jika Anda mengunjungi Shkoder, Anda bisa menikmati ikan mas di atas piring kukul, berkat banyaknya danau dan sungai di dekatnya.

Sementara di pusat Albania memiliki jenis tanah yang bisa tumbuh apa saja. Hidangan unggas mendominasi piring di wilayah ini, seperti bebek, angsa, ayam, dan kalkun, semua dipelihara di sini. Para nelayan harus berusaha keras jika wisatawan menginginkan hidangan laut, dan satu-satunya cara untuk melakukan itu hanya di laut Adriatik. Selain hidangan unggas, Anda akan menemukan telur, bayam, atau kue kubis, kue jelatang, hati, dan dadih. Tave Elbasani adalah makanan yang paling menonjol dan Anda harus mencicipinya. Tave Elbasani ini dibuat dengan cara memanggang daging dalam yogurt.

Sebagian besar ternak dibesarkan di wilayah selatan Albania, yang artinya produk susu akan lebih sering Anda lihat di atas piring. Hal ini menjadi dikenal karena keju yang luar biasa dengan tekstur keras dan lunak, serta kefir yang begitu tebal yang mana Anda hanya bisa memotongnya dengan pisau. Daerah selatan Albania beriklim hangat, sehingga Anda akan menemukan jeruk dan kebun zaitun di seluruh daerah tersebut.

Adapun daerah lain yang patut dicatat adalah wilayah kota Berat, di mana Anda akan menemukan perkebunan ara Balkan terbesar. Ara selai dan buah ara kering selalu dijasikan hadiah populer. Sedangkan hidangan "Myzeqe" oleh Turki dan Albania dan kentang tumbuk (semacam sup) adalah hidangan yang terbaik di sini. Dan sepanjang Albania Riviera Anda akan menemukan pilihan makanan laut yang terus tersedia sepanjang tahun.

Kemudian perlu dicatat juga bahwa sebagian besar Albania adalah pegunungan. Desa-desa yang terletak di ketinggian, di banyak tempat tersedia makanan dari organ hewan seperti usus dan kepala, dan itu dianggap sebagai makanan lezat.

Hidangan Daging



Seperti yang disebutkan di atas, Anda akan menemukan hidangan daging di Albania. Yang paling populer yaitu sapi rebus (Ferges), daging sapi panggang dengan saus susu fermentasi (Rosto-misalche-kosi), gulungan kubis (Sarma), dan domba diisi dengan daging dan sayuran (Kukurech). Hampir semua hidangan daging yang kemudian disajikan dengan roti atau beras, serta beberapa sayuran.

Hidangan Sup



Selama musim panas, sup dingin yang disebut "Tarator" akan disajikan. Hidangan ini dibuat dengan cuka, mentimun, bawang putih, kemiri, adas, dan rempah-rempah. Selama musim dingin, Albania memiliki banyak semur hangat yang bisa dipilih untuk disajikan. Atau Anda bisa mencoba Sataras, sup ringan yang dibuat dengan tomat, bawang, dan paprika. Ada pula hidangan dari daging standar dan bawang rebus (Chumlek) dan juga daging yang dicampur kentang (Guvech).

Pai dan Pastei



Pai "Savoury" yang merupakan hidangan makan malam adalah pai favorit di Albania. Dan makanan itu akan disajikan dengan semur hangat sebagai hidangan yang lezat. Jangan lupa juga mencoba hidangan "Byrek", dibuat dengan kubis keju feta, bayam, tomat, dan daging, semua berlapis dalam bentuk filo-pastry yang lezat. Ada pula "Kungullur" yaitu filo-pastry lainnya dengan labu, mentega, garam, dan gula. Kemudian, Kakllaasarem yaitu makanan tradisional dari Kosovo, adonan berlapis tanpa apa-apa di dalamnya dan ditaburi dengan bawang putih dan yogurt, lalu disajikan dengan hangat. Ini makan siang khas dari Albania.

Hidangan Penutup



Albania pasti memiliki kesukaan yang manis-manis dan Anda akan menemukan itu pada sebagian besar makanan penutup yang disajikan di sana. Ada banyak buah dan krim di atas piring, serta beberapa kue manis dan Baklava. Bila Anda sedang mencari sesuatu sebagai hidangan penutup, coba lah Anda mencari gandum (Ashure) atau puding nasi (Sultash), adonan goreng dalam sirup (Tollumba), atau buah mengkristal (Oshaf). Ada juga minuman malt fermentasi "Boza" yang sering menyertai makanan penutup.

Ketika Anda hanya mencari hidangan yang manis-manis, lakukanlah sebagai mana orang Albania lakukan dan cobalah mencicipi Halva. Ini tepung dan semolina dengan banyak gula, lalu dimasak untuk dibuat menjadi salah satu permen paling populer di negeri ini. Pilihan lain yang sama populernya adalah variasi dari adonan bola yang manis dan gurih.

Tapi makanan penutup yang paling mengejutkan adalah hidangan yang terbuat dari buah segar sederhana. Ya, buah dinikmati sepanjang tahun di Albania. Mengkosumsi buah segar atau menikmati mereka dibuat menjadi selai dan compots. Buah Albania yang dikenal seperti pir, persik, dan apel.

Hidangan Nasional Spesial



Hidangan nasionalnya adalah domba dipanggang, beras, dan saus yoghurt disebut Tave Kosi. Para ibu di Albania mencoba membuat yang terbaik untuk hidangan ini. Ada juga makanan spesialis lainnya termasuk langkah, yang dibuat dengan cara merebus kepala hewan (biasanya babi, sapi, atau domba) sampai dagingnya terlepas. Ini kemudian dibuat menjadi sup dengan bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Atau Anda bisa mencoba Harapash, hidangan berbasis polenta dimasak dengan usus domba, mentega, keju, dan tepung jagung.

Makan malam pembuka biasanya disajikan dengan daging asap, prosciutto, keju feta, zaitun hijau, dan paprika merah. Kemudian cobalah mencicipi "Koran", spesies ikan yang unik di Albania. Adapun hidangan lainnya yaitu jufka, pasta buatan, ferguara oofte, domba goreng atau bakso daging sapi yang disajikan dengan keju feta dan roti.
Advertisemen